Senin, 16 Juni 2014

Sop Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan golongan biji-bijian yang sangat terkenal di masyarakat Indonesia.Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur atau kerap dijadikan isi roti.Namun pada kali ini agak sedikit berbeda, pada kali ini kacang hijau akan diolah menjadi sop. Sedikit bercerita, resep ini saya kenal dari ibu saya. Keluarga saya pada umumnya sangat menyukai bubur kacang hijau, hanya saya yang tidak menyukai bubur kacang hijau. Lalu pada suatu hari saat saya pulang sekolah, telah tersaji sebuah makanan hasil pemikiran ibu saya yaitu sop kacang hijau . Nah bagi yang mau mencoba, berikut resepnya :

belajar komputer Bahan-bahan :

Kacang hijau dengan jumlah sesuai ang dibutuhkan .
2 cm jahe yang sudah di memarkan
4/5 sendok teh garam
2.500 ml air
1 1/2 sendok teh minyak makan untuk menumis
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh gula pasir
3 baatang serai lalu ambil putihnya dan dimemarkan

Bumbu yang dihaluskan :

8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
8 butir kemiri yang telah di sangrai

Proses Pengolahan :

Pertama, Rebus air, dan jahe diatas api kecil sampai berkaldu. Dinginkan air kaldunya. Ukur 2.100 ml. Didihkan lagi diatas api kecil.
Lalu, tumis bumbu halus, serai, dan daun salam sampai harum. Masukkan dalam rebusan ayam. Masak sampai mendidih.
Terakhir, tambahkan kacang hijau, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.

Sup kacang hijau lebih nikmat di santap disaat cucah dingin , karena mengandung rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh . Selamat mencoba .