Jumat, 04 April 2014

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja



Disaat bekerja memang kita dituntut untuk berada dalam kondisi yang fit dan segar agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan memuaskan.Namun,bagaimana jika dalam bekerja merasakan mengantuk ? 
Mengantuk disebabkan akibat kurangnya jam tidur atau tidur yang tidak berkualitas,dan mengantuk biasanya juga datang setelah makan siang.Mengantuk tentunya sangat mengganggu seseorang dalam menjalankan aktifitas.Lalu, bagaimana mengatasinya?

  1. Basuhlah muka menggunakan air,lalu usaplah muka beberapa kali hingga anda merasa segar kembali.Lalu sadarkan diri anda bahwa anda masih berada di dalam kondisi bekerja dan masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.
  2. Kurangi tidur larut malam.Rasa kantuk juga disebabkan kurangnya tidur yang cukup,sehingga mata terasa mengantuk pada saat bekerja karena mata memaksa untuk memenuhi jam tidur yang kurang.
  3. Carilah teman mengobrol.Jika tidak mengganggu rekan dalam bekerja,ajaklah untuk meengobrol,karena mengobrol dapat mengalihkan fikiran mengantuk ke fikiran yang lebih fresh sehingga rasa kantukpun hilang.
  4. Minum kopi.Bekerjalah sambil meminum kopi agar rasa kantuk hilang. Tentunya kita semua mengetahui bahwa kopi dapat mengilangkan rasa kantuk karena kandungan caffein di dalamnya.
  5. Lakukan gerakan kecil. Seperti menggerakkan kepala,tangan dan kaki, jika memungkinkan, anda bisa berjalan-jalan di tempat anda bekerja,karena menggerakkan tubuh dapat membuat ototo-otot yang kaku menjadi lentur sehingga dapat menghambat rasa kantuk .
  6. Jika anda bekerja di dalam ruangan,luangkanlah waktu sebentar untuk pergi keluar ruangan untuk menghirup udara segar sambil memandangi suasana diluar ruangan sehingga mata terasa segar kembali.
  7. Mendengarkan musik,agar otak anda terangsang untuk meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman otak anda.Disarankan untuk tidak mendengarkan lagu yang terlalu lembut.Disarankan untuk mendengarkan lagu yang ceria sehingga fikiranpun terasa happy.
  8. Jika tempat bekerja anda terasa gelap dan kurang cahaya,pergilah kearah jendela karena cahaya yang lebih terang dapat mengurangi rasa kantuk yang menyerang.
Sekian tips untuk mengilangkan rasa kantuk saat bekerja,semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung ^.^