Selasa, 29 Agustus 2017

Jambi Menjadi Provinsi Penyelenggara Event Flash Blogging Pertama Di Pulau Sumatera

Di era sekarang ini, dimana persebaran informasi menjadi semakin cepat, kita sebagai pengguna internet akan menerima banyak sekali informasi. Namun tidak semua informasi yang kita terima merupakan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, karena informasi yang tersebar tidak selalu berasal dari sumber resmi dan terpercaya.

Pada event Flash Blogging yang diikuti oleh peserta yang berasal dari komunitas blogger jambi, komunitas blogger muslimah jambi, serta beberapa instansi pemerintahan di ruanglingkup provinsi jambi ini membahas beberapa isu penting yang sedang hangat di kalangan masyarakat.

Berita Hoax

Berita hoax adalah informasi yang tersebar di dunia maya tanpa memiliki kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan.
Berita hoax sebagian besar tersebar di dalam media sosial, karena informasi yang beredar sebagian besar berasal dari individu yang tidak selalu memverifikasi kebenaran dari informasi yang didapatkan.

Jika membahas soal persebaran hoax yang terjadi pada media sosial, ada baiknya kita turut membahas persebaran hoax yang terjadi pada  media mainstream. Media mainstream dapat dicontohkan seperti koran, radio, televisi, media online dan sebagainya. Jika kita lihat, media mainstream pada umumnya berbentuk media resmi, karena untuk membangun media yang termasuk ke dalam kategori media mainstream cukup sulit, sehingga kecil kemungkinan media mainstream menyebarkan berita hoax, karena dapat merusak nama baik yang telah dibangun. Selain itu, dalam menyajikan informasi media mainstream sangat memperhatikan keakuratan informasi yang diperoleh.  Namun juga tidak menutup kemungkinan media mainstream juga turut menyebarkan berita hoax, karena untuk membangun media mainstream seperti media online yang berbentuk website cukup mudah, sehingga membuka peluang untuk individu membuat media online secara pribadi.

Sistem Distribusi

Terdapat dua jenis system distribusi  yang terjadi di dunia maya.
1. Neuro Cating
Sistem distribusi ini terjadi pada sosial media, dimana seseorang tidak akan menerima informasi dari orang lainnya jika tidak memfollow, atau add orang tersebut.

2. Broad Casting
1       Sistem distribusi ini dilakukan oleh media mainstream, dimana informasi yang tersebar akan diterima langsung tanpa mengikuti prosedur yang terjadi pada sosial media.

Nah itulah sedikit review materi dari event Flash Blogger yang diadakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Acara yang sangat bermanfaat dan menjadi tempat silaturahmi para blogger yang ada di provinsi Jambi.