Kamis, 12 Juni 2014

Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan

Mentimun merupakan buah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah yang memiliki bentuk memanjang dan berwarna hijau ini biasanya dijadikan lalapan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia terutama saat menikmati makanan pecel lele. Timun juga merupakan kalangan buah yang sangat mudah di tanam, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dipanen. Dan biasanya oleh kaum wanita timun dijadikan bahan untuk mencerahkan kulit karena dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Namun bukan hanya itu manfaat buah timun, ada beberapa manfaat lain dari buah mentimun yaitu :
Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian namun ada beberapa jenis kanker yang mampu dicegah oleh timun diantaranya kanker payudara, prostat, rahim, dan ovarium. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang mampu mencegah potensi terjadinya beberapa jenis kanker tersebut diantaranya  lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol .

Mengobati Diabetes

Bagi anda para laki-laki yang terkena penyakit diabetes, timun bisa dijadikan sebagi solusi untuk mengobati penyakit anda karena kandungan senyawa pada timun baik untuk hormonyang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas dalam tubuh agar produksi insulin semakin meningkat. Namun sebagian orang enggan untuk mrngkonsumsi timun dalam bentuk aslinya, untuk itu cobalah untuk mengolah timun menjadi bentuk sebuah jus ataupun olahan lainnya.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Hasil penelitian dari banya peneliti menyatakan bahwa di dalam buah timun terdapat kandungan senyawa setrol yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Ini merupakan sebuah manfaat besar jika anda rajin mengkonsumsi timun.

Menurunkan Tekanan Darah

Dikalangan masayarakat Indonesia masih banyak orang yang mengalami tekanan darah tinggi atau yang sering disebut dengan Hyper Tensi. Nah tanpa kita sadari ternyata buah mentimun mampu menurunkan tekanan darah, hal ini disebabkan karena kandungan potasium, magnesium, dan serat yang banyak tersimpan dalam timun mampu mengontrol tekanan darah dengan normal.